Kamis, Januari 08, 2009

MOBILE LIBRARY



PERPUSTAKAAN KELILING ANAK SATUNAMA

Anak-anak harus menjadi pemain tangguh di masa depan. Untuk itu kami membantu membekali mereka dengan memperluas cakrawala dan pengetahuan mereka dengan menyediakan buku bacaan edukatif yang mempromosikan nilai-nilai universal. Buku-buku yang kami sajikan memuat nilai-nilai anti kekerasan, kesetaraan gender, sikap adil, persahabatan dengan lingkungan hidup dan rasa sayang terhadap sesama manusia.

Sampai saat ini Perpustakaan Keliling Anak SATUNAMA sudah mendampingi 15 komunitas, baik di sekolah-sekolah maupun di desa-desa di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sampai saat ini koleksi Perpustakaan Keliling Anak SATUNAMA mempunyai 9.000 eksemplar dan 65 keping VCD cerita anak-anak dan lagu anak-anak. Untuk membantu proses internalisasi dengan mereka, kami juga berinteraksi dengan melalui kegiatan-kegiatan, antara lain dengan mendongeng, melukis, bermain, kumpul bocah dan camping alam.

Strategi yang dikembangkan untuk mengelola perpustakaan keliling anak adalah dengan mengembangkan pendamping kelompok anak yang berasal dari masyarakat di daerah dampingan. Pelatihan dan pendampingan tentang bagaimana cara mengelola perpustakaan secara mandiri dan swakelola dilakukan dalam rangka menumbuhkan pendampingan anak dari masyarakat. Penyebarluasan dan promosi hak-hak anak menjadi salah satu pesan utama dalam kegiatan perpustakaan keliling, selain itu juga mempromosikan berbagai penyadaran tetang pertanian lestari, biodeversity dan nilai universal.


Tim MOBLIB 2009

email: moblib_usc@yahoo.co.id

1 komentar:

  1. boleh dong mampir ke Taman Baca Sanggar HARAPAN MULIA...?/
    alamat kami ada di:
    Dusun Singosaren Wukirsari Imogiri Bantul Yogyakarta

    BalasHapus