Jumat, Januari 09, 2009

Semua Anak Harus Merdeka!!!



Merdeka Untuk Rakyat Kecil !

17 Agustus 2008 seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 63, demikian pula Perpustakaan Keliling SATUNAMA juga menyambut Hari Kemerdekaan ini dengan mengadakan
berbagi macam lomba antara lain: mengarang dengan tema “Seandainya Aku Jadi Presiden Indonesia” dan
menggambar dengan tema “17 Agustusan”.

Tema ini diambil selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan juga untuk menyambut PEMILU 2009 yang akan datang. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menggali aspirasi atau pendapat anak tentang pemimpin negeri ini yang dapat mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Hal ini juga merupakan salah satu wujud Pemenuhan Hak Anak bahwa anak juga berhak untuk berpartisipasi dan berpendapat. Lomba ini diikuti oleh 23 anak (L: 8, P: 15) dari Dusun Duwet, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Ada beberapa hasil tulisan atau karangan anak-anak yang menarik antara lain:
- Wahyudi Nugraha dari SDN Jatisari: Seandainya Aku Jadi Presiden Indonesia, aku akan mewujudkan negara Indonesia yang adil dan makmur, dengan menurunkan harga bahan bakar minyak dan sembako, mensejahterakan para pemulung, mendirikan sekolah gratis untuk rakyat yang tidak mampu dan akan mengurangi pencemaran lingkungan.
- Ineke Dellaneira A.W. dari SD Kanisius Duwet: Seandainya Aku Jadi Presiden Indonesia, aku akan memberantas korupsi dan mensejahterakan petani.
- Lidwina Mahesa Utami W.D. dari SD Kanisius Duwet: Seandainya Aku Jadi Presiden Indonesia, aku akan menjaga lingkungan tetap asri dengan mengurangi pembangunan gedung-gedung bertingkat, mengurangi pabrik rokok dan menghimbau masyarakat untuk merokok pada hari Minggu saja, mengurangi kendaraan bermotor dengan menggunakan bus way dan sepeda, menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan, mengurangi acara televisi yang kurang mendidik seperti sinetron, dan memberi kebebasan anak untuk berekspresi.

Selain itu dalam karangannya anak-anak juga mengkritisi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah sekarang misalnya tidak adanya kenyamanan dan keamanan, kurangnya pelayanan kesehatan dari pemerintah masih ada kasus gizi buruk di beberapa daerah dan semakin mahalnya biaya pendidikan.



Penulis: Andri
Dokumentasi: Metana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar